Interior Design

Tips Desain Interior Rumah Agar Terkesan Lebih Luas

Jumlah kepadatan penduduk Indonesia yang semakin tinggi berakibat pada sempitnya lahan yang tersedia untuk mendirikan hunian. Hal itu juga berakibat pada banyaknya rumah yang dibangun dengan ukuran minimalis di mana luas per ruangannya cukup terbatas alias kecil. Namun Anda bisa mengakalinya dengan beberapa tips design interior rumah agar memberikan kesan lebih luas.

Warna Cerah Pada Dinding

Rumah dengan gaya minimalis dirancang khusus bagi Anda yang memiliki lahan terbatas. Ruangan yang ada pada rumah minimalis terbilang cukup sempit apalagi jika tidak diakali dengan berbagai tips. Salah satu tips agar rumah tampak lebih lega adalah dengan penerapan warna cerah pada dinding. Warna cerah memang dikenal sebagai warna yang dapat memberikan kesan luas pada rumah, apalagi rumah yang benar-benar sempit. Meskipun ini merupakan cara klasik, namun bekerja cukup baik dengan hasil yang memuaskan. 

Warna cerah tersebut yakni seperti putih, kuning dan warna lainnya. Apabila Anda memilih cat yang gelap maka harus rela rumah senantiasa terasa sesak karena area terkesan lebih sempit. Selain itu pula warna gelap tidak dapat memantulkan cahaya seperti warna cerah, akibatnya ruangan rumah Anda tampak lebih suram. Bisa saja Anda menggunakan warna monokrom di bagian luar rumah agar kesan minimalisnya lebih kuat, namun pastikan bagian interiornya diberikan warna cerah yang sesuai. Setidaknya Anda bisa meminta bantuan kepada jasa design interior rumah agar tidak kecewa dengan hasil akhirnya. Petugas jasa interior pastinya lebih paham mengenai warna cat yang sesuai dengan rumah. 

Letak Furnitur Dekat dengan Dinding

Ide yang terpikirkan ketika ingin membuat ruangan rumah menjadi lebih lapang salah satunya pasti meletakkan furnitur di dekat dinding. Hal ini bermaksud agar ruangan yang tersisa lebih luas dan tidak terhalang dengan furnitur. Padahal ini termasuk sebuah kekeliruan, mengapa? Ketika Anda meletakkan sofa di dekat dinding sehingga tidak ada ruangan lega antara dinding dengan sofa, maka tidak ada bayangan yang dipantulkan dari sana saat cahaya masuk. 

Sebaiknya berikan sedikit jarak antara sofa dengan dinding sehingga ketika cahaya masuk, maka masih ada celah untuk bayangan masuk dan menimbulkan bayangan sofa. Ilusi dari bayangan tersebut dapat membentuk persepsi ruangan lebih lapang meskipun dalam rumah yang kecil. Jadi, mulai sekarang geser sedikit furniture Anda yang berdekatan dengan dinding. Setidaknya berikan jarak sebesar 10 centi meter atau bisa disesuaikan. 

Letakkan Cermin di Dinding

Pernahkah Anda mengunjungi restoran, cafe maupun bangunan lain yang terdapat cermin pada bagian dindingnya? Nah, maksud cermin diletakkan pada dinding tersebut adalah agar memberikan kesan luas pada ruangan yang sebenarnya sangat terbatas. Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis juga tidak ada salahnya menerapkan hal yang sama. 

Gantungkan beberapa cermin yang ukurannya tidak terlalu besar secara bersebelahan. Anda bisa menggunakan bingkai dengan kreasi apapun sehingga warna cermin yang beragam dapat memperindah dekor ruangan. Alhasil design rumah interior Anda menjadi lebih apik dibandingkan sebelumnya. Ruangan terkesan lebih lega membuat Anda betah menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. 

Gunakan Furnitur Multifungsi

Anda senang meletakkan furniture lengkap di rumah? Cobalah untuk menggunakan satu furnitur dengan beragam fungsi. Penggunaan furnitur yang memiliki fungsi masing-masing pada rumah minimalis akan membuat ruangan lebih sempit. Furnitur multifungsi seperti meja berlaci atau kabinet yang bisa dijadikan lemari sekaligus rasanya lebih efektif. Anda bisa mencari beragam furniture multifungsi tersebut di online shop atau bisa sekedar mencari referensi agar mendapatkan ide menarik lainnya. 

Penghematan dalam menggunakan ruang yang sempit memang diperlukan agar penghuni nyaman. Bayangkan jika kamar tidur dengan ukuran terbatas kemudian ditata dengan banyak furniture di dalamnya, pasti tidak nyaman. Ruang gerak Anda juga jadi terbatas sehingga frustasi kerap kali menyerang. Padahal mudah saja, Anda tinggal beli ranjang yang dilengkapi laci di bawahnya. Saat ini bahkan sudah ada ranjang yang di bawahnya terdapat ruang guna menyimpan baju alias bisa langsung dijadikan lemari. Cukup menghemat ruangan. Mintalah kepada jasa design rumah Jakarta yang Anda gunakan untuk lebih memperhatikan furniture hemat ruangan. 

Karpet Motif Pola

Gunakan karpet dengan motif pola untuk memperluas rumah Anda. Bentuk karpetnya bisa bebas, namun pastikan motifnya itu pola yang berulang sehingga kesan ruangan bisa menjadi lebih luas. Penempatan karpet tersebut bisa di ruang TV maupun ruang tamu. Anda juga dapat meletakkan karpet pola tersebut sebagai alas tempat tidur maupun lemari. Hal ini dapat memberikan iluasi mata sehingga ruangan sempit bisa terkesan luas dan cerah tentunya. 

Furniture Dinding

Jangan ragu untuk menggunakan furnitur dinding untuk meletakkan televisi dan alat elektronik lainnya. gantung televisi dan letakkan pemutar DVD, speaker serta konsol game di dekatnya. Ruang yang tersisa di bagian bawah televisi tersebut juga memberikan kesan luas meskipun sedikit. Bagi Anda yang senang membaca, rak buku gantung juga bisa digunakan agar tidak terlalu banyak memakan tempat. Pada bagian dapur juga bisa menggunakan lemari gantung untuk meletakkan berbagai bahan masakan.

Lantai Pola Strip

Anda pasti pernah mendengar bahwa pola baju dengan garis vertikal dapat membuat orang tampak lebih tinggi dan kurus sedangkan pola baju bergaris horizontal dapat memberikan kesan lebih gemuk dan pendek. Nah, gunakan ilusi tersebut untuk menata rumah minimalis Anda. Apabila ruangan di rumah lebih lebar maka aplikasi lantai dengan pola garis vertikal, sedangkan untuk ruangan sempit maka aplikasikan lantai dengan pola horizontal. Hal ini juga digunakan oleh jasa interior design rumah untuk mengakali ukuran ruangan yang terlalu sempit dan luas. 

Tirai dan Jendela

Apabila ruangan pada rumah Anda sempit maka pastikan jendela dan tirainya berukuran lebih besar. Jendela dengan ukuran besar akan memberikan kesempatan cahaya masuk lebih banyak sehingga memenuhi ruangan yang kecil. Ruangan kecil yang dipenuhi oleh pencahayaan yang cukup akan memberikan kesan luas, terbuka dan terang. Tirai yang tinggi dan besar juga akan memberikan tampak yang lebih luas pada ruangan secara vertikal. Kalaupu  jendela rumah sudah terlanjur dibuat dengan ukuran kecil, Anda bisa menyiasatinya dengan penggunaan tirai besar dan tinggi. 

Sekat

Ruangan pada rumah biasanya dipisahkan menggunakan pintu atau dinding. Anda bisa menggantinya dengan sekat untuk pemisah antara ruang tamu dan ruang keluarga. Agar tampak lebih menarik lagi, gunakan berbagai dekorasi seperti bingkai foto pada bagian sekatnya. Selain foto, Anda juga dapat meletakkan lukisan agar sekat tidak tampak monoton. 

Hiasan Plafon

Jangan biarkan plafon Anda polos, karena dapat memberikan kesan ruang semakin sempit. Gunakan wall art atau hiasan yang simpel pada bagian plafon. Prinsip ini sangat efektif dan merupakan ilusi perspektif sehingga kesan rumah yang kecil bisa menjadi lebih luas. 

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk rumah minimalis. Penataan design interior rumah yang ruangannya sempit memang sedikit lebih sulit karena ada banyak pertimbangan yang harus Anda lakukan. Penataan yang tepat akan memberikan kesan luas bahkan pada ruangan sempit sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *