Interior Design

Ingin Punya Rumah dengan Design Interior Klasik? Simak Tips Ini!

Mempunyai rumah sendiri merupakan impian bagi banyak orang. Jika impian tersebut menjadi nyata tentu sangat menggembirakan. Namun memiliki rumah tidak hanya memikirkan tentang pembangunannya saja, tapi juga mengenai desain yang cocok dan sesuai keinginan Anda, terutama untuk desain interior rumah.

Saat ini banyak rumah yang mempunyai desain interior yang enak dipandang dan tentunya mempesona. Ada beragam desain interior yang menjadi favorit saat ini mula dari desain yang minimalis hingga desain mewah. Salah satu desain interior rumah yang cukup banyak diminati adalah classic interior design. Desain yang satu ini dinilai unik dan memiliki nilai estetika tinggi bagi sebagian orang. Desain interior ini membuat rumah tampak lebih mewah. Biasanya desain ini cocok untuk rumah dengan luasan lebar, namun bukan berarti tidak bisa diterapkan pada hunian minimalis. Desain interior klasik bisa digunakan sebagai konsep rumah minimalis asalkan pemilihan dan penempatan warna dan perabotan sesuai. 

Hunian atau rumah dengan desain interior gaya klasik mempunyai ciri atau karakteristik tertentu. Apa saja karakteristik tersebut? Berikut ini adalah beberapa ciri dari desain interior gaya klasik:

Ciri-Ciri Design Interior Klasik

Rumah atau Bangunan Mempunyai Banyak Pilar dan Profil Berbentuk Kuno

Ciri yang pertama dari rumah memiliki desain interior klasik terlihat pada ornamen, pilar-pilar yang besar serta profil yang berkembang di jaman kerajaan kuno. Pilar-pilar besar biasanya digunakan sebagai pondasi rumah dan disertai dengan ornamen serta ukiran yang unik sehingga membuat kesan yang megah. 

Furnitur yang Digunakan Biasanya dari Bahan Kayu Solid

Perabotan atau furniture pada rumah dengan desain interior yang klasik biasanya berbahan kayu solid ataupun marmer. Meja makan, kursi makan, lemari hingga sofa umumnya terbuat dari kayu dengan ukiran yang indah dan tidak jarang berharga mahal. Sedangkan untuk aksesoris, wallpaper dengan motif serta vas bunga yang besar, lampu gantung Kristal adalah pilihan yang cocok untuk gaya klasik. 

Warna Desain Klasik

Warna pada rumah dengan desain interior klasik umumnya bernuansa alam. Kuning keemasan, krem dan biru langit banyak digunakan dalam desain ini untuk furniture dan pelengkapnya. Sementara warna seperti hijau daun, kuning emas, dan coklat kayu sering digunakan untuk ruang klasik. Perpaduan warna seperti warna cokelat dengan kuning emas, dan putih dengan kuning emas adalah yang paling sering digunakan untuk desain interior rumah gaya klasik.

Aksesoris yang Elegan

Karpet permadani ala Timur Tengah adalah salah satu aksesoris yang sering ditemui di rumah dengan desain klasik. Aksesoris ini membantu menambah kesan megah yang diciptakan oleh ornamen lain, lukisan-lukisan, cermin gaya klasik, vas bunga besar, lampu kristal untuk rumah dengan desain ini. 

Itulah beberapa ciri hunian dengan design interior klasik. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan konsep klasik, berikut ada tips menerapkan desain interior gaya klasik yang bisa Anda gunakan. Mari simak!

Tips Dekorasi Rumah dengan Classic Interior Design

Berikan Sentuhan Warna-Warna Alam

Perlu penataan yang simetris untuk rumah dengan desain interior gaya klasik. Sentuhan warna-warna alam seperti cokelat, hijau, biru gelap dan warna tanah diperlukan untuk desain ini. Selain itu, juga bisa ditambahkan warna-warna yang terang. Susun ornamen-ornamen secara rapi supaya menegaskan sisi mewah, glamor dan elegan pada ruangan rumah dengan desain ini. 

Gunakan Furnitur dengan Ukuran Besar

Unik dan mewah adalah furniture yang cocok untuk rumah bergaya klasik. Hal itu untuk menekankan sisi mewah ala rumah klasik. Furnitur besar-besar umumnya yang dipakai untuk desain ini. Untuk warna furniture, Anda bisa menggunakan warna yang sesuai dengan warna dinding ataupun memadukannya dengan warna yang lain. 

Gunakan Tirai yang Besar dan Menjulang Tinggi

Aksesoris seperti tirai yang menjulang tinggi serta besar merupakan salah satu ciri khas rumah dengan desain interior klasik. Tirai tinggi dan besar tersebut akan menambah kualitas keindahan pada rumah dan terkesan tidak membosankan. Anda bisa memadukan warna tirai dengan warna dinding, misalnya dinding cokelat tua lalu tirai memiliki motif cokelat muda.

Dasar Lantai dengan Lapisan Batu Alam

Lantai bisa menjadi unsur utama dalam rumah dengan desain interior yang klasik. Lantai akan memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah. Anda bisa memberikan pelapis batuan alam pada lantai seperti kayu atau marmer sehingga menambah nuansa alam. Anda juga dapat menambahkan karpet sintetis dari bahan nilon ataupun polyester namun memiliki warna yang selaras dengan lantai sebagai pemanis. 

Rumah dengan desain interior yang klasik memang akan membuat hunian tersebut tampak lebih mewah dan elegan. Namun untuk mendapatkan tampilan rumah yang elegan dan glamor dengan desain interior gaya klasik, Anda juga harus memperhatikan pemilihan serta perpaduan warna cat rumah. Pemilihan warna rumah sebaiknya disesuaikan dengan tema yang digunakan untuk rumah, warna perabotan serta memperhatikan lingkungan sekitar. Misalnya jika rumah Anda menggunakan konsep klasik modern, maka gunakan juga warna cat rumah klasik modern. Untuk itu, bagi Anda yang mempunyai rumah dengan desain interior klasik modern, berikut ini rekomendasi warna cat yang sesuai untuk konsep tersebut:

Perpaduan Warna Cat Cocok untuk Design Interior Rumah Klasik Modern

Biru Slate Klasik

Warna perpaduan antara keabu-abuan dengan kebiru-biruan ini akan membuat rumah terkesan dingin. Selain itu, warna biru juga dapat menimbulkan kesan yang hening pada rumah klasik. 

Tan/Beige

Warna ini adalah warna yang netral sehingga cocok untuk rumah klasik. Warna ini berbeda dengan warna gelap pada gaya Victorian. 

Hitam dan Putih

Perpaduan warna ini terlihat sangat klasik namun juga elegan. Apalagi jika penataan ruangan dimaksimalkan dan furniture yang digunakan berkualitas. Lalu penambahan elemen interior yang sesuai dengan perpaduan warna ini akan menambah kesan mewah pada ruangan dengan desain interior klasik. 

Abu Kalem dan Dusty Pink

Perpaduan warna ini cocok untuk ruangan desain interior klasik yang dihuni oleh perempuan. Kesan yang klasik, nyaman dan lembut akan tercipta dari perpaduan warna ini. Cocok untuk ruangan yang bersifat privasi seperti kamar tidur. 

Perpaduan Warna Cat Biru

Kesan rileks akan didapatkan dari rumah dengan perpaduan warna cat biru ini. Hal itu karena warna biru identic dengan ketenangan serta keseimbangan. Anda bisa memadukan warna biru laut dengan biru abu-abu untuk mendapatkan desain interior rumah klasik yang lebih artistic. 

Demikianlah pembahasan di artikel ini tentang tips merancang desain interior rumah yang klasik. Design interior rumah klasik modern memang masih menjadi salah satu desain yang digemari banyak orang di tengah banyak hunian yang berkonsep lebih modern. Itu karena desain ini tidak melulu terlihat kuno, namun justru membuat hunian tampak lebih elegan dan mewah meski hunian Anda minimalis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *